Cari Blog Ini

Rabu, 29 November 2023

Cigimbal Jaya Jadi Saksi Silaturahmi Antara Diskominfo Cilacap dan Jurnalis Media Online

 

Peserta dan penyelenggara media gathering 2023
Keakraban peserta dan penyelenggara Kursus Singkat/Pelatihan Media Gathering 2023. Foto: SS 


Oleh Gita FU

Sobat kopidarigita, hari Rabu (29/11/2023) ini saya ikut merayakan sebuah momen manis, dan baru pertama kali terjadi di tahun 2023. Yakni momen silaturahmi antara Diskominfo Kabupaten Cilacap, dengan puluhan wartawan media online di Cilacap. 

Seperti yang dikatakan oleh Edi Eriza dari koransatu.id, bahwasannya para wartawan media online patut bersyukur atas kesediaan Diskominfo Cilacap membuka 'pintu'.  Sebab bagaimanapun dinas yang memiliki kewenangan mengatur masalah komunikasi dan informasi ini, adalah 'bapak' bagi para wartawan dan jurnalis. 

Sekretaris Dinas Kominfo Cilacap Sukaryanto dan Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly D.P. Foto: GFU

Acara silaturahmi yang diberi tajuk Kursus Singkat/Pelatihan Media Gathering dan Pembinaan Tahun 2023 ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo Cilacap Sukaryanto, di Ruang Rapat. 

Sebelumnya ia menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kepala Diskominfo Cilacap  Supriyanto, yang semula akan membuka acara. 

"Bapak Kepala Dinas sedang berada di Yogyakarta karena mendapat tugas dari Bapak Pj Bupati Cilacap," ungkapnya. 

Pada intinya, kata Sukaryanto, acara ini adalah wujud silaturahmi antara Diskominfo Cilacap dengan wartawan/jurnalis media online.

Sukaryanto didampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Kabupaten Cilacap, Sherly Diah Permanasari. 

Dalam sambutannya Sherly mengharapkan kerjasama dari wartawan,  guna mendukung program kerja Pemkab Cilacap. 

"Harapannya bisa lebih bersinergi antara jurnalis dan Diskominfo," ucapnya.


Refreshing ke Cigimbal Jaya


Lokawisata Mangrove Cigimbal Jaya di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, selanjutnya menjadi tujuan rombongan panitia dan peserta acara silaturahmi. 

Di salah satu saung yang telah disiapkan, para peserta disuguhi makanan ringan, dan minuman, sebagai teman mendengarkan materi pelatihan. Suasana  sejuk terasa karena kami berada di lingkungan yang asri. 

Materi pelatihan diisi oleh pihak Kejaksaan Negeri Cilacap. Dalam hal ini diwakili oleh Jaksa Fungsional Samikun, dan Daikan Aolia Arfan. 



Pemateri dari Kejaksaan Negeri dan Diskominfo Cilacap. Foto: GFU


Mereka bergiliran menyampaikan sejumlah poin. Antara lain mengingatkan kerja jurnalis atau wartawan yang terikat pada UU Pers No 40 tahun 1999, dan Kode Etik Jurnalistik. 

Pihak Kejari juga menghimbau agar para awak media turut menjaga kedamaian, ketenangan, dan kelancaran menuju Pemilu 2024.

Panitia membuka kesempatan untuk sesi tanya jawab, dan sharing di sela pemberian materi. Tak lupa Sherly kembali menyatakan dukungan dari Diskominfo Cilacap, kepada organisasi-organisasi Pers yang ada di Cilacap, contoh : PWMOI dan IPJT. 


Ramah Tamah yang Mencairkan Suasana


Acara silaturahmi terasa tak lengkap tanpa jamuan makan, plus hiburan. Nah, di Cigimbal Jaya kami disuguhi menu makan siang Gurame Lombok Ijo, Oseng Kangkung, Pepaya, dan tempe goreng. 

Tak lupa sebagian peserta dan panitia  menyumbangkan suara emas mereka, berkaraoke lagu-lagu populer untuk menghibur semuanya. Obrolan akrab pun tercipta di sana-sini. 

Ssst, saya sendiri ikut (nekat) menyanyi. Lagu yang saya pilih (dan cuma itu yang terlintas di pikiran) adalah Hampa, dari Ari Lasso. Lumayan, melepas ketegangan. 

Saya pribadi bersyukur telah menjadi bagian dalam momen ini. Saya bisa bertemu banyak teman media, terutama yang selama ini hanya berjumpa via WAG. Contohnya, teman-teman dari Cilacap Barat. Plus mendapat kenalan baru. Inilah berkah silaturahmi. 

Terima kasih kepada Diskominfo Cilacap. 


Saya dan Bu Jasmirah, wartawan swaranasionalpos. Foto: Jas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar